Menuju Indoensia Perubahan di Putaran Pertama..

Pilpres 2009 tinggal menghitung hari. Debat capres-cawapres pun sudah memasuki tahap ke empat. Namun, sejauh pemantauan dari setiap debat, hampir seluruh jawaban capres maupun cawapres hanya sebatas uraian normatif. Artinya semua yang dipaparkan sebenarnya dapat dilontarkan oleh siapa saja. Tidak mesti menjadi seorang capres-cawapres. Berdasarkan hal itu, mahasiswa merasa perlu merumuskan hal-hal yang mendesak di Indonesia. Masalah yang harus diselesaikan dengan segera, oleh capres-cawapres mana pun yang nantinya terpilih. Dari sekian banyak permasalahan yang bergelayut di negeri Indonesia, kami mengkerucutkan menjadi beberapa topik penting. Pendidikan, Hukum, Kesehatan dan Ekonomi.

1. Pendidikan Fakta yang ada, bahwa anggaran pendidikan 20% di Indonesia tidak murni untuk biaya pendidikan. Namun 20% yang ada termasuk gaji guru dan kedinasan. Hal ini menyebabkan isu sekolah gratis menjadi tidak total. Sekolah gratis malah menyebabkan banyak murid yang tidak mendapatkan fasilitas dan sistem pengajaran yang utuh. Lalu, isu sekolah gratis juga mengecualikan SBI (sekolah berstandar internasional). Hal ini mengindikasikan pengkotak-kotakan pendidikan dan sekolah gratis yang tidak menyeluruh dan merata. Untuk itu, berdasarkan kajian BEM Kema Unpad, diputuskan akan diangkat isu mengenai kedua hal tersebut. Dengan tagline, “Anggara murni 20% = Pendidikan gratis tanpa pungutan”

2. Hukum Visi misi sejumlah janji dan kontrak politik capres dan cawapres saat ini hanya sebatas normatif saja. Pada fokus hukum yang akan dibahas adalah mengenai pembentukan pengadilan tipikor jika pengadilan tipikor tidak segera disahkan, maka KPK akan merasa kesulitan untuk menindak lanjuti kasus-kasus temuan korupsi. Ini artinya sama saja dengan memandulkan fungsi KPK. Selain itu kasus BLBI dan korupsi soeharto beserta kroni-kroninya juga harus segera diselesaikan. Hal ini guna mendapatkan kepastian hukum di Indonesia. Berdasarkan hasil kajian BEM Unpad, maka diambil fokus isu utama a. UU Pengadilan Tindak Pidana Korupsi = HARGA MATI!! b. Tuntaskan Kasus BLBI dan Korupsi Soeharto beserta kroni-kroninya.

3. Kesehatan Standar peningkatan kesehatan terdiri atas peningkatan UHH (Usia Harapan Hidup) dan kesehatan ibu. Target Usia Harapan Hidup masa Pemerintahan SBY adalah 70,2% sementara yang baru direalisasikan adalah 60,2%. Lalu menurut standar WHO anggaran untuk kesehatan adalah 15%. Namun kenyataannya yang terealisasi adalah 2

4. bidang ekonomi utang di Indonesia saat ini mencapai 1667 triliun. pada masa soeharto, pada 34 tahun kepemimpinannya indonesia menghasilkan utang sebesar 1500 triliun, sedangkan pada masa SBY, hutang indonesia mencapai 80 triliun /tahun. artinya SBY sebenarnya lebih banyak memproduksi hutang. seharusnya, semakin banyak hutang yang ada, maka paling tidak rakyat bisa merasakan peningkatan kesejahteraan. namun, jangankan merasa sejahtera, belum apa-apa hutang yang ada malah di korupsi duluan. saat ini banyak aset bangsa yang telah berpindah kepemilikan menjadi asing. 85% Migas 70% BEJ 80% Perbankan, dll. indonesia banyak menelan kerugian dari kebijakan yang di ambil dibidang ekonomi. misalnya, freeport. indonesia hanya mendapat 9% dari hasil yang ada. freeport merupakan hadiah terbesar indonesia bagi amerika. selain itu, kelapa sawit yang banyak di wilayah sumatera pun sudah dikuasai oleh asing, yaitu PT LONDON SUMATERA (LONSUM) yang dimiliki oleh malaysia. “untuk menghitung rasio hutang adalah jumlah hutang dibagi devisa negara.” untuk itu, berdasarkan kajian bem kema unpad, kami merasa perlu untuk mengangkat isu, “Rebut kembali aset-aset bangsa” aset-aset tersebut bisa yang memang telah dijual kepada asing, maupun yang menjadi jaminan pinjaman luar negeri. solusinya adalah dengan: 1. renegosiasi aset 2. enterpreneurship 3. penjadwalan hutang, dan 4. rasionalisasi anggaran. rasionalisasi anggaran disini dimaksudkan agar pinjaman yang ada tidak sia-sia, dan bisa bermanfaat bagi rakyat dan kemajuan bangsa.

Ayo, jadikan kesempatan menuju lebih baik..

BANZAI!!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s